LIMA Langkah Berburu Hotel Murah

Liburan! Siapa sih yang nggak suka dengan aktivitas satu itu? Apalagi bagi mereka dengan jiwa traveling tinggi. Dana liburan pasti masuk ke dalam anggaran tetap bulanan.

Saya salah satu liburan addict. Konsep apa pun pasti sangat excited untuk dijabani. Alam liar, piknik cantik, wisata sejarah, atau sekadar kongkow di taman kota sambil jajan santai pun sudah mewah dan mampu mengisi tangki kebutuhan liburan saya.

Nah, ada satu gaya liburan yang sedang trending saat ini. Saya rasa, efek pandemi justru membuatnya semakin naik daun. Apa hayo?

Yap! Tepat sekali! STAYCATION!

Apa sih “STAYCATION” itu?

Well, sebenarnya masih banyak dari kita yang mis-konsepsi dengan staycation ini. Kebanyakan masih menganggap bahwa staycation adalah menginap di hotel atau penginapan, generally.

Padahal, gaya staycation itu agak lebih spesifik, yaitu berlibur dan melepas rutinitas dengan bermalam di hotel atau penginapan di dalam kota. Jadi, misalnya, saya berdomisili di Bandung, kalau saya menginap di hotel atau penginapan luar Bandung, judulnya bukan staycation lagi, tetapi vacation hihi.

Budaya ”STAYCATION”

Saya pribadi kurang tahu asal-muasal liburan staycation ini gimana. Namun, menurut hemat saya, gaya liburan ini semakin membudaya saat pandemi mulai menyerang dunia persilatan.

Saya pernah membahas tentang “Staycation di Masa Pandemiini dalam tulisan saya yang lain. Boleh sedikit diintip, ya, pemirsa!

Alasan menghindari kerumunan tetapi tetap dapat berlibur ini yang menjadikan staycation semakin menjadi pilihan. Apalagi di awal dan pertengahan pandemi yang akhirnya mengimbas dunia pariwisata juga, membuat para penyaji jasa penginapan banting harga. Akibatnya, banyak hotel dan penginapan berkelas yang bisa dinikmati oleh masyarakat lebih luas karena rate-nya yang menjadi super miring.

Walau pun berbanding lurus dengan fasilitas yang banyak di-non-aktifkan juga, tetapi tetap saja suasana baru dari kamar hotel akan meringankan kepenatan kita yang terlalu lama #dirumahsaja.

Namun, seiring membaiknya keadaan, juga angka penerima vaksin yang kian meluas dan tinggi, membuat kehidupan normal merangkak lagi. Begitu juga dengan industri pariwisata. Tentu saja, hal ini membuat harga hotel dan penginapan pun mulai kembali normal.  Yang diikuti dengan mulai dibukanya fasilitas penuh di setiap jasa penginapan tersebut.

Wah, berarti bakal susah lagi nih kita buat staycation?

Eits, tenang dulu, dong! Di tulisan ini saya mau berbagi tips berburu hotel dengan harga murah. Lumayan, kan, nggak bikin terlalu nelangsa karena ketakutan nggak bisa staycation lagi. Hihi.

LIMA Langkah Berburu Hotel Murah ala Ibu Nadya:

1. Unduh aplikasi penyedia hotel dan nyalakan notifikasi promonya.

Nah, ini penting sekali. Dengan mencari-cari melalui aplikasi, kita akan lebih mudah melihat preferensi hotel yang tersedia. Catatan dari saya, untuk mengetahui kondisi hotel tersebut recommended atau tidak, JANGAN PERNAH sepenuhnya percaya hanya pada gambarnya saja. Namun, BACA ULASAN dari para user sebelumnya di section ULASAN / REVIEW pada aplikasi tersebut.

2. Ikuti promo FLASH SALE.

Biasanya setiap aplikasi akan mengadakan FLASH SALE dengan pilihan hotel yang berbeda-beda dan waktu pelaksanaan FLASH SALE yang berbeda pula. Saya sendiri selalu mengikuti FLASH SALE Traveloka setiap Jumat malam (dimulai pukul 19.00 WIB), Pegipegi dan Tiket.com pada hari tertentu dengan ketentuan hotel berbeda setiap waktunya (dimulai pukul 12.00 WIB siang biasanya).

Dari promo tersebut, tentukan satu atau dua hotel yang akan kita jagokan (halahh). Misal, HOTEL MAWAR dan HOTEL MELATI.

3. Bandingkan harga.

Setelah kita mendapatkan preferensi hotel yang ingin kita inapi untuk staycation kali ini, kemudian saatnya membandingkan harga.

Saya akan melihat harga dari semua aplikasi penyedia hotel yang saya gunakan, dan juga dari web atau Instagram hotel tersebut. Jangan salah, kadang promo langsung dari pihak hotel lebih miring dari pada aplikasi, loh! Dan biasanya mereka membagikan informasi promonya melalui media sosial (kebanyakan sih Instagram).

4. Cari potongan harga tambahan.

Setelah kita mendapatkan hotel pilihan, dari aplikasi yang menawarkan harga terbaik (termurah haha), sekarang saatnya fokus pada proses booking. Eh, tapi jangan buru-buru dulu, dong. Yuk, intip lagi di menu PROMO aplikasi tersebut, ada kupon potongan tambahan nggak yang bisa kita pakai. Biasanya, SELALU ADA. Haha.

Apalagi kalau kita mengikuti LIVE Promo-nya (di Traveloka). Potongan harga 200 ribu, 250 ribu, bahkan 300 ribu, pernah saya dapatkan, loh!

5. Enjoy your little escape!

Jangan lupa di-book dulu tapi yaa hotelnya, terus dibayar. Baru deh bisa staycation (or vacation) dengan tenang dan tetap ramah dompet.

SELAMAT MENCOBA dan SELAMAT BERLIBUR!

Similar Posts

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *